Pembalap Indonesia Membutuhkan Dukungan dari Pemerintah

Indonesia miskin akan pembalap baik motor ataupun mobil yang berlaga di tingkat internasional. Bahkan belum pernah ada yang menjuarai balapan setingkat Moto GP atau Formula One. Pembalap-pembalap dari Eropa yang mendominasi balapan, hanya ada beberapa dari Asia dan pembalap Jepang yang paling banyak dari Asia.

Indonesia memiliki beberapa pembalap motor dan mobil yang pernah berlomba di kelas international, beberapa dari mereka berhasil menjuarai balapan. Rio Haryanto adalah pembalap yang pernah meraih kemenangan yang luar biasa. Kemenangan yanng baru-baru ini adalah di Istanbul, Turki pada seri GP3, ia finis di urutan pertama. Ia dapat membuat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Turki. Rio adalah satu-satunya wakil dari Indonesia dan Asia yang berlaga di seri GP3. Anak usia 17 tahun ini memiliki mimpi untuk berlaga di Formula One. Tetapi, Rio dan timnya membutuhkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah Indonesia. Ia berkata bahwa ia dan timnya membutuhkan dukungan materi; sejauh ini mereka hanya mendapatkan dukungan moril.

Selain Rio, Doni Tata Pradita adalah pembalap lain yang membuat Indonesia bangga. Ia pernah berlaga di All Japan Road Race Championship. Pria 20 tahun ini menang dua kali (2003, 2004) di the novice Class o Yamaha’s regional underbone race championship, Yamaha Asean Cup. Pada tahun 2008, ia balapan di  Moto GP 250cc.

Dalam dua tahun terakhir, beberapa pembalap Moto GP berkunjung ke Indonesia, mereka adalah Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan yang terakhir Dani Pedrosa. Mereka adalah pembalap yang paling sukses di Moto GP. Valentino Rossi memiliki 9 kali menjadi juara dunia di semua kelas. Dani Pedrosa adalah juara dunia kelas 125cc dan dua kali menjadi juara dunia kelas 250cc sama seperti Lorenzo. Mereka berbagi pengalaman menjadi juara dunia dan juga memberikan dukungan kepada pembalap muda Indonesia.

Indonesia memiliki banyak atlet yang berbakat seperti Rio dan Doni Tata. Tetapi, mereka membutuhkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah. Pemerintah tidak fokus mendukung olahraga ini. Kita memiliki banyak pembalap muda yang nantinya akan seperti juara dunia itu. Mereka membutuhkan dukungan dari bangsa indonesia, baik masyarakatnya maupun pemeritahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s