Rasulullah Menganjurkan Kurma Untuk Berbuka

Dalam hadits Anas bin Malik menyatakan bahwa Rasulullah pernah berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau memakan tamr (kurma kering) dan kalau tidak ada tamr, maka beliau meminum air seteguk demi seteguk. Dari hadits tersebut, Rasulullah menganjurkan untuk berbuka dengan kurma.

Kurma memiliki jenis-jenis yang berbeda. Di dunia ini, terdapat ratusan jenis kurma; di Arab Saudi ada sekitar 400 jenis kurma, belum lagi jenis-jenis dari negara lain seperti Tunisia, Irak, Mesir, Iran, dan California. Jenis kurma yang sering diburu oleh para pembeli di seluruh dunia adalah kurma Nabi (kurma Ajwa), kurma Sekki, kurma Barhi, kurma Kholas, kurma Khadri, kurma Mactoumi, kurma Sokari, kurma Silaj, kurma Majol, dan kurma Monief. Tetapi, yang paling dicari adalah kurma yang bibitnya ditanam langsung oleh Rasulullah yaitu kurma Ajwa. Kurma Nabi ini memiliki warna yang hitam, ukurannya lebih kecil dari kurma lainnya, teksturnya lembut, rasanya tidak terlalu manis seperti kismis. Nabi Muhammad SAW menganjurkan mengonsumsi 7 kurma Ajwa pada pagi hari agar terhindar dari racun dan sihir.

Kurma dapat mengganti energi yang hilang pada saat puasa. Pada saat berbuka puasa, liver (hati) mampu menyerap glukosa dengan efektif lalu memrosesnya dan melumatnya serta mengirim zat yang dihasilkan seluruh anggota tubuh dan otak. Usus manusia yang kosong mampu menyerap glukosa dan fruktosa (kandungan gula pada kurma) dalam 5-10 menit dan kurma akan habis terserap dalam kurun waktu 45-65 menit. Maka selain untuk berbuka puasa, kurma juga sangat cocok dikonsumsi saat sahur agar lebih tahan lapar saat berpuasa dan kurma juga kaya akan serat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s