Curah Hujan Wilayah

Menurut Soemarto (1987) ada lima sifat hujan yang yang harus ditinjau yaitu intensitas (I), lama waktu (durasi) (t), kedalaman hujan (d), frekuensi dan luas darah pengaruh hujan.
Penentuan dengan memberikan nilai pembobot langsung adalah pendekatan aritmatika rata-rata, polygon Thiessen,dan Bethlamys two axis. Sedangkan penentuan dengan pendekatan surface fitting adalah pendekatan hysometric dan isohyet.
Metode Thiessen adalah metode yang ditentukan dengan cara membuat poligon antar stasiun pada suatu wilayah kemudian tinggi hujan rata-rata dihitung dari jumlah perkalian antara setiap luas poligon dan tinggi hujan dibagi dengan seluruh luas wilayah. Metode poligon Thiessen biasanya digunakan untuk mengetahui tinggi hujan rata-rata serta apabila stasiun hujan tida tersebar merata.
Metode isohyet adalah sebuah metode untuk menentukan curah hujan wilayah dengan menggunakan kontur garis yang menghubungkan curah hujan yang sama dan tinggi tinggi hujan rata-rata diantara kedua garis isohyet dengan luas antara kedua garis tersebut dibagi dengan luas seluruh stasiun. Medode ini biasanya digunakan didaerah yang berbukit-bukit dan pegunungan.
Analisis DAD (deep area duration) dibuat untuk menentukan jumlah hujan terbesar untuk wilayah dengan ukuran dan durasi yang beragam pada wilayah yang berbeda dan musim tertentu (Chow 1964).
Shaw (1988) menyebutkan bahwa teknik menggabungkan kedalam hujan areal terhadap luas dengan menganalisa beberapa hujan badai memberikan hubungan kedalaman dan luas untuk durasi khusus.
Langkah kerja yang dilakukan adalah dengan menentukan hubungan area jeluk untuk kedalaman total dari hujan yang lebat dan disalurkan melalui penambahan waktu durasi yang berurutan (setiap enam jam sekali) sesuai dengan pembagian yang tercatat pada stasiun yang berdekatan (Gupta 1989).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s