True color dan False Color

True color terdiri atas band 1 yang ditampilkan dalam warna biru, band 2 ditampilkan dalam warna hijau, dan band 3 ditampilkan dalam warna merah. Hasil dari penggabungan band tersebut adalah hampir mendekati nyata atau hampir sama dengan gambar yang diambil dengan menggunakan kamera (Quinn 2001). Tetapi, hasil dari citra satelit ini sedikit pudar atau ada kontras yang kurang baik dan feature pada gambar sulit untuk dibedakan. Ini karena cahaya biru dengan mudah dihamburkan oleh atmosfer dibandingkan dengan panjang gelombang yang lain. Kegunaan untuk bawah laut dan penutupan lahan sangat baik untuk gabungan true color ini.
Penambahan band Near Infrared (NIR) dan sedikit band biru tampak menciptakan gambar gabungan inframerah. False color atau sering juga disebut NIR, terdiri atas band 2 yang ditampilkan dalam warna biru, band 3 ditampilkan dalam warna hijau, dan band 4 ditampilkan dalam warna merah (Quinn 2001). Penerjemahannya akan sedikit aneh, karena vegetasi terlihat berwarna merah terang karena vegetasi yang berwarna hijau (klorofil) memantulkan energi cahaya inframerah. Air terlihat gelap, hampir berwarna hitam, karena penyerapan energi pada merah tampak dan band NIR.
Pemotongan citra (cropping) dilakukan untuk menentukan batas daerah kajian dengan pertimbangan bahwa daerah studi tidak meliputi seluruh daerah pada citra lebih menspesifikasikan wilayah yang dikaji (Lillesand dan Kiefer 1997).
Apabila suatu citra tidak mencakup daerah kajian, maka perlu dilakukan proses mosaicing. Mosaik citra merupakan proses penggabungan citra yang saling bertampalan (Somantri 2009).
Gabungan band 5, band 4, dan band 2 digunakan dalam penutupan lahan, sedangkan vegetasi dapat dianalisis dari hasil penggabungan citra dari band 7, band 4, dan band 2. Suhu permukaan dapat diinterpretasi dari gabungan band 6.1 dan 6.2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s