Awal Musim MotoGP 2012

Musim ini merupakan musim yang sangat menarik, karena perpindahan dari motor 800cc menjadi 1000cc. Selain itu, beberapa pembalap rookie mengisi atmosfer di kelas terbesar MotoGP. Setelah dua race pembuka berlangsung, yakni di Losail, Qatar (15 April 2012) dan di Jerez, Spanyol (29 April 2012), pembalap yang mendominasi pun mulai terlihat.

Di seri Qatar, semua mata tertuju pada tiga pembalap yang mendominasi di sesi pra musim seperti Lorenzo , Pedrosa, dan sang pemegang juara dunia Stoner. Casey Stoner yang dikenal dengan Raja dari Sirkuit Qatar memulai balapan dari baris pertama, sedangkan Lorenzo memulai balapan dari pole position. Lorenzo yang mempunyai ambisi besar untuk menang, tidak akan membiarkan posisinya itu terkoyakan oleh pembalap lain. Tak disangka, Dani Pedrosa yang memulai balapan dari posisi tujuh (baris ke tiga) langsung melesat ke posisi pertama saat lampu hijau menyala. Namun, tak bertahan lama, Stoner dan Lorenzo mengambil alih posisi The Little Spaniard ini. Stoner pun makin menjauhi lawannya. Akan sulit bagi Lorenzo dan Pedrosa untuk mendahului Stoner. Tetapi, lengan Stoner mulai mati rasa (arm pump) dan ia pun mulai merosot ke posisi 3 di belakang Lorenzo dan Pedrosa.

Lap pertama balapan di Jerez, Spanyol pada tanggal 29 April

Perseteruan pun berlanjut hingga ke Jerez de la Frontera, dimana Lorenzo dan Pedrosa harus berusaha meraih podium pertama di rumahnya sendiri. Stoner yang memulai balapan di baris ke dua, harus berusaha keras untuk meraih podium. Namun, lambat laun The Kuri-kuri Boy pun mendapatkan posisi pertama. Jorge yang selalu menguntit di belakang Stoner tidak mampu mendahului Casey. Berbeda dengan Pedrosa yang harus bersaing dengan pembalap lain seperti Hayden, Dovizioso, dan Crutchlow untuk memantapkan diri di posisi ke tiga. Putra Sabadell ini pun harus bersusah payah untuk menjauhi Cal dan mengajar Lorenzo dan Stoner. Lambat tapi pasti, diputaran-putaran terakhir Pedrosa dapat mengurangi gap antara Lorenzo sebanyak lebih dari 3 detik dari gap sebelumnya yang lebih dari 4 detik jauhnya.

Sementara itu, pasangan baru dari tim satelit Yamaha, Andrea Dovozioso dan Cal Crutchlow, masing-masing bersaing untuk mendapatkan posisi empat. Cal terus mendesak Dovi untuk merebut posisi empatnya di seri Qatar. Hingga lap terakhir, Cal berhasil merebut posisi empat Dovi. Perpindahan Dovi dari Honda ke Yamaha membuat hatinya senang karena ia tidak akan di “nomor tiga-kan” dan lebih bisa menggali kemampuan yang ia miliki tanpa di bayangi pembalap setim nya. Kini, Cal Crutchlow pun menjadi ancaman besar bagi The Big Three (Lorenzo, Stoner, dan Pedrosa).

Tim Ducati yang masih bertahan dengan sang Juara dunia 9 kali, Valentino Rossi dan rekan setimnya Juara Dunia 2006 Nicky Hayden, harus bersusah payah untuk menemukan pengaturan yang tepat agar dapat memenangkan balapan di setiap serinya. Valentino Rossi telah membuat settingan-settingan yang sekiranya tepat bagi Ducati, tetapi belum ada yang dianggapnya cocok baginya. The Doctor mulai merasa frustrasi ketika semua orang yang mencintainya mulai meninggalkanya.

Balapan selanjutnya, akan berlangsung di sirkuit Estoril, Portugal pada tanggal 6 Mei 2012. Balapan akan diprediksikan The Big Three yang menguasai jalannya balapan dan berada jauh dari rival-rivalnya. Lorenzo yang sering merajai sirkuit ini akan berusaha menjauhi lawannya agar tak terkejar. Sementara Pedrosa yang tahun lalu memenangi seri ini akan langsung melesat memimpin dan menjaga jarak dengan pembalap di belakangnya. Stoner pun tak mau kalah dengan rival terdekatnya apalagi arm pump yang sering ia rasakan akan mengganggu balapan. Hasil klasemen sementara adalah Lorenzo dengan 45 poin, Stoner dengan 41 poin dan Pedrosa 36 poin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s