Klasifikasi di kelas MotoGP musim 2012 (Estoril, Portugal)

MotoGP EstorilKelas MotoGP semakin seru dengan bertambahnya kapasitas motor menjadi 1000 cc. Setelah tiga balapan berlangsung (Losail, Jerez, dan Estoril), pembalap dapat dikelompokkan menjadi tiga kelas. Pertama adalah kelas pemimpin, yaitu kelas yang diisi oleh pembalap-pembalap yang sering memimpin di setiap balapannya. Musim ini, kelas pemimpin diduduki oleh Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa. Selama tiga race yang telah berlangsung, ketiga pembalap inilah yang memimpin dan selalu naik podium. Dua diantaranya telah menjadi juara dunia pada kelas terbesar MotoGP, yaitu Lorenzo dan Stoner. Sedangkan Pedrosa selalu terhalang dengan kondisi fisiknya yang cidera karena kecelakaan yang dialaminya atau masih dalam masa penyembuhan untuk menjadi juara dunia. Tetapi, Pedrosa selalu menjadi kandidat juara dunia di setiap musimnya.

Kelas yang kedua adalah kelas tim satelit. Kelompok ini berisi dengan pembalap-pembalap yang menunggangi motor satelit atau kelas kedua setelah motor pabrikan. Kelas ini pun tidak kalah kompetitif dengan kelas pemimpin, contohnya saja Cal Crutchlow yang baru-baru ini menyita perhatian penonton karena selalu berasosiasi dengan tim pemimpin saat balapan. Dalam 3 laga yang telah berlangsung, Cal mampu finis di tempat keempat di race pertama dan kedua, sedangkan race di Estoril, ia harus takluk terhadap teman setimnya, Andrea Dovizioso di tempat ke-5. Pembalap tim satelit biasanya berisi pembalap-pembalap baru seperti Stefan Bradl, Pirro, dan lailn-lain.

Terakhir adalah kelas yang berisi pembalap pabrikan yang dibelakang. Salah satu pembalab kelompok ini adalah Rossi, Hayden, dan Spies. Pembalap-pembalap ini bukanlah tidak memiliki talenta, bahkan Rossi merupakan juara dunia 9 kali, Hayden merupakan juara dunia 2006 di kelas MotoGP, Spies merupakan juara dunia SuperBike. Tim pabrikan Ducati masih mencari setingan yang pas untuk motornya, terutama untuk Rossi yang dikenal suka mengubah setingan motor agar cocok dengan tipe balapnya. Sedangkan Spies masih beradaptasi dengan motor 1000cc nya. Meskipun begitu, mereka semua tidak dapat dianggap dengan sebelah mata.

Balapan MotoGP Estoril menghasilkan Stoner sebagai juaranya. Sebelumnya, Stoner belum pernah memenangkan race di sirkuit ini. Sedangkan Pedrosa optimis sebagai pemegang juara tahun lalu di Estoril dan Lorenzo pun tak kalah berambisi untul memenangkan race. Race berlangsung dengan seru dan menegangkan. Hingga akhirnya Stoner dapat memenangkan race dengan dibuntuti dua pembalap hebat dibelakangnya.
Selama balapan berlangsung, Lorenzo tetap berusaha mengambil alih posisi terdepan, hingga ia mampu memperkecil jarak antara Stoner. Tetapi, Stoner terlalu kuat untuk diovertake, bermodal motor yang cepat dan selalu berada di line race. Sedangkan Pedrosa yang finish ke-3, berhasil mengukuhkan podium ke-100 nya di balapan MotoGP. Hanya ada 6 pembalap yang mampu naik podium sebanyak 100 kali.

Dovizioso masih saja memperebutkan posisi ke-4 bersama rekan setimnya Cal Crutchlow yang akhirnya finish diurutan ke-5. Rossi mampu menorehkan posisi finish terbaik yaitu urutan ke-6.Dengan begitu, Stoner memimpin klasemen dengan poin 66, sedangkan Lorenzo dan Pedrosa dengan 65 dan 52 poin.

Race berikutnya akan berlangsung di Le Mans, Perancis pada tanggal 20 Mei 2012.

http://www.motogp.com/en/Results+Statistics

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s