MotoGP Half Season 2012 (Laguna Seca)

Image

GP Catalunya 2012

Setelah seri ke 10 kemarin di Laguna Seca, Lorenzo masih memimpin klasemen sementara dengan perolehan 205 poin yaitu 23 poin diatas Pedrosa dan 32 poin diatas Stoner. Masih tersisa 8 seri lagi untuk memperjuangkan gelar juara dunia MotoGP 2012.

GP Belanda 2012

Sampai memasuki musim libur musim panas ini, pertarungan Lorenzo sampai berada di puncak klasemen tidaklah mulus. Saat di Assen Belanda, ia harus tersungkur di tikungan pertama karena terseret oleh Bautista yang terjatuh. Lorenzo yang merasa di rugikan, akhirnya mengajukan permintaan agar Bautista mendapatkan hukuman, padahal Bautista telah meminta maaf. Akhirnya, Bautista harus start di posisi terakhir di seri berikutnya yaitu di Sachsenring, Jerman. Namun, menurut Lorenzo, hukuman tersebut tidak sebanding dengan apa yang ia dapat, yaitu harus turun dari posisi puncak ke posisi dua.

Image

GP Jerman 2012

Seri selanjutnya, giliran Casey Stoner yang mengalami insiden jatuh, namun ia terjatuh karena kesalahan sendiri. Saat ia bertarung neck to neck dengan Pedrosa yang sedang memimpin, Casey melakukan kesalahan sehingga ia harus terjatuh di tikungan terakhir yang mengakibatkan Pedrosa menjuarai seri Sachsenring untuk tiga kali berturut-turut. Kemenangan pertama di tahun ini menjadikan Pedrosa berada di posisi dua klasemen.

Image

GP Le Mans

Pada saat GP Le Mans, Stoner memberikan pernyataan yang sangat mengejutkan, yaitu ia akan pensiun dari perhelatan MotoGP di tahun 2013. Hal tersebut membuat semua orang kaget, karena juara dunia tahun 2011 ini masih berada di puncak karirnya. Bapak dari satu anak ini pun menyatakan bahwa ia telah memikirkannya selama dua tahun terakhir dan telah membicarakannya dengan isteri dan keluarganya. Para pembalap lainnya sangat menyayangkan keberhentiannya di MotoGP, tetapi tetap menghargai segala keputusan yang diambil oleh Casey.

Para pemain mulai menandatangani kontrak dengan tim yang akan di tempatinya tahun depan. Pedrosa masih akan bersama tim kesayangannya HRC bersama rookie Marc Marquez yang akan naik kelas dari Moto 2. Lorenzo pun serupa, hanya saja belum di tentukan siapa yang akan menjadi teman setim nya. Spies yang diduga akan keluar dari MotoGP seperti halnya Stoner, belum juga mendapat kabar yang jelas tentang nasibnya tahun depan. Beberapa spekulasi menyatakan bahwa pembalap di tim satelit Yamaha, kemungkinan salah satunya akan menemani Lorenzo di tim pabrikan. Adapula yang berspekulasi bahwa Rossi akan mengisi kursi kosong tersebut.

Image

Podium di GP Laguna Seca 2012

Rossi yang sebelumnya pernah digosipkan akan berhenti dari balapan MotoGP telah menyatakan bahwa ia akan tetap di MotoGP paling tidak dua tahun lagi, dan ia masih ingin melanjutkannya lagi. Sekarang ini ia memiliki target bahwa ia bisa mengendarai Ducati dengan baik. Dengan persaingan yang ketat dengan pembalap muda, ia masih menganggap bahwa ia masih bisa bersaing dengan pembalap muda lain, seperti yang ia katakan “less quantity but good quality”. Ia tahu bahwa kemempuannya takkan sebaik yang dulu, oleh karena itu, ia harus dalam kondisi 100% untuk balapan dengan “young riders”. Dan hal itu terbukti dengan hasil terbaik yang diperolehnya sejauh ini yaitu finis ke 2 setelah bertarung dengan Stoner yang di overtake di lap terakhir dalam balapan basah (wet race) di Le Mans.

Informasi yang terakhir diperoleh adalah, bahwa Valentino Rossi telah menandatangani kontrak bersama Yamaha Factory Racing untuk menempati kursi kosong bersama Jorge Lorenzo untuk dua tahun kedepan (2013-2014). Nicky Hayden masih akan bersama tim pabrikan Ducati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s