Radiasi Surya

Matahari merupakan sumber utama energi yang ada di permukaan bumi. meskipun yang benar-benar sampai ke permukaan bumi hanya sedikit. Radiasi surya mempengaruhi proses-proses fisika atmosfer yang akan menentukan keadaan cuaca dan iklim di permukaan bumi.

Suhu yang ada di permukaan matahari adalah 6000 K sedangkan di intinya mencapai jutaan kelvin. Gelombang elektromaknetik yang dipancarkan oleh permukaan matahari mencapai 73,5 juta Watt per meter persegi sedangkan yang mencapai puncak atmosfer (jarak ratarata matahari-bumi adalah 150 juta kilometer) adalah 1360 Watt per meter persegi. Namun, karena keberadaan atmosfer, menyebabkan radiasi yang sampai ke permukaan bumi (tanpa penutupan awan) mencapai kurang dari 1000 Watt per meter persegi.

Karena bentuk poros bumi tidak sejajar dengan matahari, maka dengan sudut kemiringan 23,4 derajat menyebabkan seolah-olah matahari bergerak ke utara (Summer soltice: 22 Juni) lalu ke ekuator (Autumnal equinox: 23 September), kemudian ke selatan (Winter soltice: 22 Desember), kemudian ke ekuator lagi (Vernal equinox: 21 Maret)

Menurut hukum Stefan Boltzman, suatu obyek yang memiliki suhu permukaan di atas 0 kelvin, maka obyek tersebut akan memancarkan radiasi.Semakin tinggi suhu permukaan maka sebakin besar radiasi yang dipancarkan. Tetapi, menurut hukum Wien, panjang gelombang pada energi maksimum semakin pendek bila suhu permukaan lebih tinggi. Oleh karena itu, suhu permukaan matahari (6000 K) yang lebih besar dari suhu permukaan bumi (300 K), memiliki panjang gelombang yang lebih pendek namun radiasi yang dipancarkannya jauh lebih besar. Kisaran panjang gelombang matahari adalah dari 0,3-4,0 mikrometer (radiasi gelombang pendek), sedangkan panjang gelombang yang dipancarkan bumi adalah 4-120 mikrometer (radiasi gelombang panjang).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s