Kenapa pembalap sepeda membungkuk saat balapan?

Seperti yang kita ketahui bahwa jika melihat balapan sepeda, kita akan melihat pembalap sepeda tersebut membungkuk. Bukan hanya balapan sepeda tetapi juga balapan motor. Bahkan balapan mobil seperti F1 didesain memilliki permukaan depan yang lebih rendah. Hal tersebut agar pembalap dapat melaju dengan cepat. Mengapa?

Mungkin kita perrnah merasakan saat menggunakan sepeda, kita akan merasa melaju lebih cepat saat mengendarainya searah dengan angin. Sebaliknya kita akan merasa lebih sulit. Let’s see the equation below,

F~ VxV

dimana F adalah gaya angin dan V adalah kecapatan angin. Jadi, untuk mengayuh sepeda dengan kecepatan angin 40 knots, maka diperlukan 4 kali gaya mengayuh dengan kecepatan angin 20 knots.

Untuk mempermudah, kita masukkan unsur luas permukaan pada persamaan tersebut.

F/A = P = 0,004 V x V

dimana F merupakan gaya angin (pound); V, kecepatan angin (mil/jam); A, luas (ft kuadrat); P, tekanan udara (pound/ft kuadrat).

Misalkan kita mengendarai sepeda dengan kecepatan 10 mil/jam mengarah pada angin dengan kecepatan 40 mil/jam. dengan total kecepatan angin berlawanan dengan pembalap (kecepatan angin dan kecepatan sepeda) adalah 50 mil per jam. tekanan angin menjadi,

P = 0,004 V x V

P = 0,004 (50 x 50)

P = 10 lb/ft kuadrat

Jika luas tubuh pembalap adalah 5 ft kuadrat, maka

F = P x A

F = 10 lb/ft kuadrat X 5 ft kuadrat

F = 50 lb

Oleh karena itu, pembalap harus membungkuk saat membalap agar mengurangi luas tubuhnya yang melawan arah angin. Hal tersebut karena luas permukaan tubuh dapat menambah gaya yang dibutuhkan untuk melawan datangnya angin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s