Wanita Punya Indera ke Enam?

Kata siapa wanita punya indera ke-enam? Saya (selaku) wanita, setengah percaya dengan pernyataan tersebut. But, it’s the reality. Buktinya, para pria lebih sering kepergok selingkuh dibanding prianya sendiri yang memergoki wanita berselingkuh. Lalu, wanita bisa membaca mimik dengan tepat, pada saat sedih, senang, bingung, ada yang disembunyikan, kesel, bete, dan yang lain-lain. Mungkin hal tersebut kurang dapat diterima oleh para pria, tapi itulah kenyataannya. Mari kita lihat fakta-faktanya.
Wanita memiliki pengelihatan yang lebih lebar dari pria. Yup, sudut pengelihatan wanita memiliki radius 180 derajat (dari kanan ke kiri) dan 90 derajat (dari atas ke bawah), dibandingkan dengan pria yang memiliki radius setengahnya. Kenapa? Karena kodrat wanita sejak dahulu kala adalah menjaga keluarga, rumah, dan anak-anaknya serta melakukan multi-fungsi kerja. Misalnya sambil masak, sambil menjaga anak-anaknya. Butuh pengelihatan yang ekstra untuk mengawasi anak sambil bekerja. Wanita juga mampu melihat sisi kanan-kirinya dengan baik tanpa harus memutarkan kepalanya ke samping. Wanita tidak dapat melihat dengan baik saat memarkir mobil mundur tetapi dapat melihat sedikit noda lipstik pada baju suaminya.
Para pria, yang sejak jaman dahulu dikodratkan mencari nafkah. Para pria jaman purba bertugas untuk berburu binatang untuk memberi makan keluarganya sehingga matanya mendukung pekerjaannya. Pengelihatan pria seperti teropong yang digunakan untuk berburu, sehingga pengelihatannya lebih jauh, jelas, dan tepat. Oleh karena itu, para pria dapat menemukan warung kopi dari jauh tapi kesulitan mencari mentega dalam kulkas. Memang tak semua wanita memiliki pengelihatan tersebut, begitupun pria. Hal tersebut bisa berubah akibat pekerjaan yang sudah lama digeluti atau trauma yang pernah dialami sehingga memperlebar radius pengelihatan.
Tak hanya pengelihatan, tetapi indera lain pun serupa seperti pendengaran, perasa, pengecap, dan penciuman. Wanita lebih banyak berinteraksi dengan sentuhan, seperti saat bicara biasanya sering menepuk bahu temannya dan lain-lain, serta biasanya wanita merasa lebih baik saat sedih dengan dipeluk. Wanita juga mampu mencium bau-bauan lebih tajam dari pria, apalagi saat menstruasi.
Dalam pendengarannya, wanita dapat mendengar lebih baik. Buktinya, para ibu akan mendengar tangisan bayinya pada malam hari sedangkan bapaknya tetap tidur. Selain itu, wanita juga akan terbangun ketika ada piring pecah di dapur, dan stress karena tetesan air dari kran yang tidak tertutup rapat. Wanita juga sangat sensitif pada pendengaran, apalagi dengan nada bicara. Hmm, hati-hati ya..
Jadi, apa yang dimaksud indera ke-enam yang dimiliki wanita? Dari pernyataan diatas, sebagian besar wanita mengungguli indera yang cuma ada lima itu. Kemampuannya merasakan lebih dari pria, seperti dapat mengetahui saat pria berbohong dengan melihat gerak-geriknya yang aneh, tahu bahwa wanita lain sedang sedih walaupun tidak ditunjukkan dengan menangis, dan sebagainya. Para ibu lebih tau apa yang diinginkan bayi-bayinya saat menangis dibanding para bapak.
So, buat para pria jangan beranggapan bahwa wanita tidak tahu apa yang anda lakukan, karena kemungkinannya adalah ia tahu tapi berpura-pura tidak tahu, atau benar-benar tidak tahu. Dan jangan pula beranggapan wanita sudah tahu, karena hal tersebut membingungkan bagi wanita (meskipun tahu atau tidak tahu), karena wanita lebih senang membicarakannya (meskipun sudah tahu). That’s why woman talks a lot. Kemampuan indera wanita lebih baik daripada pria, seperti memiliki indera ke-enam.
Hal tersebut, hanya disebutkan secara umum, bukan berarti hukum mutlak.

Referensi: Peace, A. dan B. Peace. 1999. Why Men Don’t Listen and Women Can’t Read Maps.

Satu pemikiran pada “Wanita Punya Indera ke Enam?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s