Rasanya buah plum, Hmm

Buah plum? Dari namanya saja sudah ketahuan kalau itu bukan buah yang berasal dari Indonesia. Hayo, siapa yang sudah pernah merasakan buah plum? Jangan cuma tau dari games Fruit Ninja aja. Ayo, kita telusuri tentang buah asing ini.

Mungkin saya sama seperti kebanyakan orang Indonesia yang sebagian besarnya belum pernah mencicipi yang namanya buah plum. Well, pertama kali saya tau buah plum dari  games fruit ninja, disana ada yang namanya buah plum. Pas baca karakteristiknya, ternyata bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kebetulan saya sering capek , so sebenernya yang dibutuhin adalah zat besi. Jadi, langsung aja tertarik sama buah yang berwarna ungu ini.

Memang, di supermarket jarang sekali ada buah ini, apa lagi di toko buah pinggiran. Mungkin kalau di toko buah besar ada. Saya menemukan buah ini di salah satu supermarket di bilangan Bogor. Ada beberapa buah lainnya yang belum pernah saya makan juga seperti aprikot dan nactarine. Well, memang harganya tidak seperti kebanyakan buah lainnya, tapi saya mencoba untuk membelinya dengan harga sekitar 30 ribu hingga 40 ribu per kilonya.

Buah plum yang saya beli adalah jenis buah plum merah, sebelumnya saya juga pernah lihat di toko tersebut buah plum yang berwarna ungu dan ternyata ada yang berwarna hijau, hitam, dan kuning. Saya mencoba memakannya dengan membelah buah tersebut. Ternyata tidak bisa, biji buah tersebut sangat keras. Makanya, buah itu disebut stone fruit. Bijinya sangat keras sekali seperti batu, bahkan saya mencoba menggigitnya *ouch. Tapi, dari pada menggigit bijinya, mending kita rasakan daging buahnya. Daging buah plum cukup tebal, berwarna jingga kekuningan, dan ketika digigit rasanya seperti jambu; banyak menggandung air dan tidak terlalu manis.Mungkin tekstur dagingnya seperti sawo.

Plum merah yang saya makan juga biasa disebut Plum jepang. Buah plum merah mengandung serat, vitamin, dan mineral, tetapi bisa menyebabkan kencing batu karena mengandung asam oksalat. Oleh karena itu, hindarilah buah ini pabila menderita kencing batu. Buah ini juga rendah garam dan lemak, serta kaya akan serat dan bebas kolestrol. Selain itu, plum merah juga membatu kesehatan mata karena mengandung kerotenoid yang membantu memfilter cahaya yang masuk ke retina, sehingga mencegah penyakit mata akibat penuaan.

Plum merah mengandung mineral potasium yang membantu menjaga laju detak jantung dan tekanan darah, seng untuk membantu penyembuhan luka dan mangan yang membantuk pembentukan sel darah dan myelin (selubung sel saraf), serta besi yang membantu pembentukan sel darah merah. Niacin atau vitamin B3 juga terkandung dalam plum yang dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi kolestrol. Dan masih banyak lagi vitamin seperti B6 (pyridoxine), B-kompleks, A, C, dan beta karoten.

So, ayo coba buah yang kaya manfaat ini. Buah ini cocok untuk kita yang lagi diet (diet bukan cuma orang yang berbadan gemuk loh), untuk menjaga kesehatan mata, mencegah anemia, dan memberikan mood kita bagus. Selamat mencoba🙂

Source: LiveStrong.com

14 pemikiran pada “Rasanya buah plum, Hmm

  1. aku mau beli kemaren di yoygya riou bandung , ehhh malah dipindahin abis katanya sebel kan padahal amu beli, jadi pengen nanam aja

  2. aku mau beli kemaren di yoygya riou bandung , ehhh malah dipindahin abis katanya sebel kan padahal amu beli, jadi pengen nanam aja tapi yng kemeren m sya liat lonjong kaya jamblang, rsanya gmna coba ceritainn dong

    • Coba saja tanam bijinya. Semoga saja tumbuh.
      Buah yang saya makan kemaren itu terkstur buahnya mirip sawo atau seperti buah persik/peach, tapi tidak terlalu manis dan rasanya seperti jambu air. Wangi buahnya pun tidak menyengat. Saya sangat suka buah itu. Tapi harganya mahal karena buah import. Katanya ada buah plum bisa tumbuh di indonesia, tapi saya belum pernah liat.

      Dalam bahasa Indonesia, buah plum disebut buah prem.

      Selamat berburu buah plum.

  3. Plum ungu saya Sudah pernah coba di sun plaza medan harganya menguras dompet , penasaran rasa buah persik Dan aprikot kemarin waktu jalan jalan ke jalan palangkaraya Di fruit shopnya ada jual aprikot kering tapi kemasannya kurang apik agak terbuka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s