Harus Pakai Helm !

Hari ini saya baru saja melihat pernyataan Ben Spies (pembalap MotoGP) bahwa ketika Ben berada di Bali, ia melihat anak kecil yang berumur sekitar 2-3 tahun dibonceng oleh ibunya dengan motor dan tidak memakai helm. Menurutnya itu merupakan hal yang lucu tetapi berbahaya.

Ben Spies ketika diwawancara oleh ATF

Mungkin Ben tidak pernah melihat seseorang ketika naik motor tidak memakai helm, kecuali di Indonesia. Memakai helm bukanlah suatu peraturan yang terpaksa untuk memakainya atau takut kena tilang polisi. Tetapi suatu kesadaran bahwa keselamatan di jalan raya adalah hal yang utama, apalagi yang nantinya akan jadi korban adalah mereka yang tidak mendahulukan keselamatan (safety first).

Simoncelli ketika selebrasi

Bahkan salah satu pembalap MotoGP mendiang Marco Simoncelli pernah di denda karena ia melakukan selebrasi (perayaan) atas kemenangannya dengan tidak memakai helm di sirkuit, walaupun balapan sudah usai. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun sedang berkendara yang tidak menyebabkan kecelakaan tetapi tetap harus memakai helm. Apalagi salah satu indikator Marco meninggal pada waktu balapan di GP Malaysia 2011 adalah karena helm nya terlepas dari kepalanya ketika terjatuh.
Kini, perkembangan penjualan sepeda motor di Indonesia sangat pesat (salah satu terpesat di dunia) seharusnya tetap melaksanankan peraturan yang telah ditetapkan agar keselamatan terjamin dan mengurangi kemungkinan yang tidak diinginkan. Perhatikan penggunaan helm yang benar, agar tidak mudah terlepas, dan juga periksa komponen motor dan hal lainnya agar dapat berkendara dengan selamat.

Courtesy: ATF

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s