Akhir yang penuh drama (GP Valencia 2012)

Podium di Valencia 2012

Akhirnya MotoGP musim 2012 sudah selesai dengan kemenangan atas Pedrosa di kampung halamannya sendiri. Sirkuit Ricardo Tormo, Valensia juga menjadi saksi bisu berakhirnya karir Casey Stoner di ajang MotoGP.
Balapan pamungkas ini dihiasi oleh drama-drama, mulai dari kondisi sirkuit yang masih setengah basah, sehingga pembalap menjadi bingung harus menggunakan ban slik (setengah basah) atau ban basah. Pada awalnya, hanya tiga pembalap yang memutuskan menggunakan ban slik yaitu Lorenzo, Bradl, dan Nakasuga. Ada empat pembalap yang memutuskan masuk pit dan mengganti motornya sebelum balapan dimulai. Mereka adalah Pedrosa, Hayden, Bautista, dan Crutchlow. Pedrosa yang menempati pole position harus merelakan posisinya agar memulai balapan dari pit lane. Sayangnya Hayden dan Crutchlow harus terjatuh di pertengahan balapan.
Keputusan Pedrosa untuk start dari pit lane merupakan suatu keputusan yang berani saat pembalap lain termasuk teman setimnya Casey tetap menggunakan ban basah. Ia pun harus merelakan posisi terdepan di garis start. Satu per satu posisi pembalap-pembalap di depannya ia ambil alih, hingga pembalap-pembalap lain mulai merasa bahwa sirkuit mengering dengan cepat dan mereka harus masuk ke pit untuk mengganti motor dengan ban slik. Hal tersebut memberikan keuntungan untuk Pedrosa sehingga ia berada di posisi 2. Semakin lama ia semakin mendekati Lorenzo yang sudah memimpin balapan. Pedrosa juga sempat berbuat kesalahan yang membuat ia menambah gap sebesar 3 detik dibelakang Lorenzo.
Balapan berjalan begitu lambat akibat kondisi track yang tidak biasa, sehingga pembalap yang di belakang terpakasa harus di-overlap oleh Lorenzo. Bendera biru dikibarkan, namun sepertinya pembalap overlap tidak mengetahui bahwa Lorenzo yang memimpin balapan berada di belakangnya sehingga yang seharusnya pembalap overlap memberikan jalan, tetapi pembalap ini malah tidak mau memberi jalan kepada Lorenzo. Alhasil, Lorenzo harus tersungkur pertengahan sebelum finish.
Hal ini memberikan keuntungan bagi Pedrosa, ia pun hanya bermain aman. Hingga finish, Pedrosa memperlebar jarak dengan pembalap posisi kedua Katsuyuki Nakasuga hingga 37 detik dan 1 menit dengan posisi ketiga Casey Stoner, setelah mengambil alih posisi dari Alvaro Bautista di lap sebelumnya. Ini merupakan kemenangan ke-7 bagi Pedrosa dan merupakan pembalap yang memiliki kemenangan terbanyak di musim ini (Lorenzo dengan 6 kemenangan).

Hasil Balapan

Klasifikasi 2012

Courtesy: MotoGP

Satu pemikiran pada “Akhir yang penuh drama (GP Valencia 2012)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s