Diet plastik

Istilah-istilah sekarang itu macam-macam untuk menjaga bumi tercinta kita ini. Mulai dari go green, cinta lingkungan, cinta bumi, dan diet plastik. Diet plastik ini bukan hal baru di telinga kita. Sudah banyak orang yang berkoar-koar tentang hal ini. Tapi, apakah diet plastik itu?.

Diet plastik adalah cara mengurangi pemakaian plastik yang biasa kita hasilkan sehari-hari. Lihat saja, mulai dari kita membuka mata hingga tidur, berbagai macam jenis plastik kita gunakan. Ngga percaya? Yuk kita hitung bareng-bareng.

Bangun tidur biasanya membuat kopi atau teh instan menghasilkan plastik, belum lagi kalau pakai gula yang sachet. Setelah itu mandi, cuci baju, cuci piring, dan masak juga menghasilkan plastik. Belum lagi saat berbelanja ke warung atau mini market, walaupun hanya belanja satu benda, pramuniaga pasti langsung memasukan barang belanjaan anda ke dalam kantong plastik. Wah, pokoknya masih banyak deh.

Kalau kita lihat faktanya, kantong plastik tersebut hanya dipakai sekali, setelah anda gunakan pasti langsung dibuang. Jarang sekali orang repot-repot mengoleksi plastik untuk dimanfaatkan kembali. Selain itu, waktu yang diperlukan plastik untuk terdegredasi adalah 100 tahun. Wow, bukan waktu yang sedikit.

Memang apa peduli kita? Toh, ada orang  yang akan memungut sampah tersebut. Walaupun seratus tahun, pasti akan terdegradasi juga kan. Tapi perlu kita lihat, setiap harinya penggunaan plastik semakin banyak, jumlah penduduk semakin banyak, lalu mau ditampung dimana lagi sampah tersebut hingga menunggu umur plastik tersebut seratus tahun.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan? Kita dapat mengurangi konsumsi plastik dan lebih hebat lagi menghentikan pemakaiannya. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan

  1. Bawa goody bag, tas kreasi kita dari karung beras (bisa jadi unik loh), ataupun kantong plastik yang masih baik kondisinya (bekas pakai).
  2. Bawa tempat minum (tumblr) sendiri.
  3. Bawa kotak bekal ke sekolah atau ke kantor, bisa dijadikan acara rutinan bersama teman-teman yang menyenangkan saat makan siang.
  4. Menolak untuk menggunakan plastik saat berbelanja di warung, mini market, maupun supermarket dan menggantinya dengan goody bag atau tas lainnya.
  5. Masak sendiri di rumah bisa dijadikan hobby baru.
  6. Lebih memilih makan di tempat (dine in) saat ke rumah makan atau ke restoran daripada dibawa pulang (take away).
  7. Mengurangi menggunakan sedotan
  8. …… (dan masih banyak lagi)

Kendala yang dihadapi pun pasti sangat banyak. Mulai dari malu untuk memulai karena masih jarang orang yang melakukannya, kadang diejek seperti anak kecil (mambawa bekal dan tumblr), dan kadang masih dianggap aneh.

Saya punya cerita tentang pengalaman saya, ketika mau membeli batagor dan saya membawa kotak bekal saya sebagai pengganti plastik yang digunakan untuk membungkus batagor tersebut juga membawa goody bag. Tukang batagor tersebut menganggap saya membeli batagor untuk anak TK, lalu saya bilang “Bukan, ini untuk saya bang”. Setelah batagor siap, si abang tukang batagor membungkus kotak makan saya dengan plastik. “Tidak perlu bang, saya bawa tas”.

Well, dari cerita tersebut memang masih kita alami dan masih dianggap hal aneh saat kita sedang diet plastik. Tapi, untuk suatu perubahan memang perlu usaha. Perlu ditanamkan pada kita bahwa kita harus merasa menyesal saat menggunakan plastik. Ingat lah dampak yang yang diberikan oleh plastik tersebut mulai dari salah satu penyebab banjir, lingkungan kotor, merusak tanah, dan lain-lain. Ayo, kita sama-sama memulai diet plastik dari hal-hal kecil. Karena aksi kita akan berdampak besar nantinya.

Okay, mari share pengalaman anda tentang diet plastik. Ini aksiku mana aksimu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s