Penggunaan Cotton Bud Untuk Membersihkan Kotoran Telinga

Telinga merupakan salah satu panca indera kita yang fungsinya tidak kalah penting dengan panca indera yang lain. Kita harus bersyukur karena telah diberi alat pendengaran. Bayangkan jika kita tidak memiliki telinga?. Oleh karena itu, kita yang memiliki pendengaran yang masih bagus, sudah sepantasnya menjaga fungsi dari telinga ini.

cotton bud

Saya memiliki pengalaman yang kurang mengenakan karena tidak merawat kebersihan telinga. Padahal seminggu sekali setidaknya saya membersihkan telinga dengan cotton bud. Saya hampir tidak bisa mendengar. Padahal sudah saya bersihkan juga dengan cotton bud. Kemudian saya pergi ke dokter, dan dokter mengatakan kalau saya harus disedot kotorannya (menggunakan alat khusus). Setelah disedot, telinga saya langsung plong. Dokter mengatakan kalau saya jangan menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga, tapi menggunakan korek kuping. Hal tersebut karena cotton bud justru akan mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam.

Sebetulnya, kita tidak perlu membersihkan kotoran telinga. Secara alami, kotoran telinga akan keluar sendiri karena kegiatan mengunyah atau berbicara. Atau siasatnya bisa mengunyah permen karet. Sekalian olahraga rahang.

Pendengaran kita semakin bertambahnya umur akan berkurang ketajamannya. Semakin kita tua, akan semakin kurang pendengarannya. Kita hanya bisa menjaga telinga kita agar tidak bertambah laju penuliannya, salah satunya tidak mendengarkan musik dengan menggunakan headset dan volume besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s