Saya Berjalan di Sisi Kanan Eskalator

Budaya kita kian lama kian berubah menjadi dunia yang serba instan dan praktis. Semua peralatan di desain menjadi lebih mudah dan lebih cepat agar orang yang menggunakannya pun tidak perlu bersusah payah. Salah satunya adalah lift atau elevator yaitu suatu alat untuk memindahkan orang atau barang naik dan turun lantai. Dengan alat terebut kita tidak perlu mengeluarkan tenaga apabila ingin naik ke lantai atas hingga belasan lantai bahkan puluhan.

Kampanye tentang kesehatan pun telah digalakan. Saya sering lihat di pintu lift mal-mal terdapat ajakan untuk menggunakan tangga agar tubuh kita lebih sehat. Hal tersebut karena kita mengeluarkan energi saat menggunakan tangga. Tapi, sekarang ini sudah jarang mal yang menyediakan tangga untuk umum, yang bisa kita gunakan apabila sedang mengubah gaya hidup sehat. Yang ada hanyalah eskalator.

Bagaimana dengan eskalator???

Eskalator hampir sama kegunaanya dengan lift hanya saja eskalator berbentuk tangga. Kita bisa juga memanfaatkannya sama seperti tangga biasa. Yaitu kita tetap berjalan saat naik eskalator. Bagaimana bisa??? Banyak orang yang naik eskalator, dan kita perlu menerobos orang-orang tersebut apabila ingin berjalan di eskalator.

Hal pertama yang harus kita semua lakukan adalah mengubah kebiasaan dalam menggunakan eskalator.

Kita dapat berdiri di sisi kiri eskalator apabila ingin santai dan menyisakan sisi kanan eskalator untuk orang yang ingin mendahului, terburu-buru, atau sedang mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Hal tersebut sama seperti di jalan raya, jalur kanan untuk kendaraan yang mendahului.

Negara-negara maju seperti Jepang tanpa harus disuruh, mereka sudah menerapkannya. Hal tersebut sudah seperti peraturan tak tertulis bagi mereka. Tak hanya di eskalator, saat di trotoar pun mereka melakukan hal yang sama. Mereka tidak pernah jalan bergerombol dan memanjang sehingga menutupi seluruh trotoar. Dengan begitu mereka akan merugikan orang lain yang ingin terburu-buru. Mereka akan merasa tidak enak dan malu sendiri apabila mereka merugikan orang lain.

eskalator

Malaysia sebagai negara berkembang sudah menerapkan kebiasaan ini

Meskipun kita masih termasuk negara berkembang, tetapi kita harus memulai kebiasaan kecil tersebut agar negara kita semakin berkembang dan maju. Tanpa kita sadari kita telah merugikan orang yang ingin terburu-buru dan kita pun harus memulai kebiasaan yang baik yang lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s