Beralih ke (Blog) Kompasiana?

Akhir-akhir ini aku sedang asyik nulis di Kompasiana… (maaf ya wordpress). Bukannya menghianati si WordPress ini tapi ternyata menulis di KOmpasiana itu lebih asik dan mudah buat banyak dilihat. Dalam sehari tulisan bisa dibaca ribuan orang. Jadi, lebih bermanfaat buat banyak orang kan?

Kompasiana itu semacam “blog sosial”, “blog keroyokan”, “citizen journalism” dan istilah-istilah lainnya. Jadi, saat kita nge-post tulisan, pasti langsung terpampang di “welcome page”-nya Kompasiana. Apalagi kalau tulisan kita bagus dan layak baca, langsung dijadiin hi-lite sama admin Kompasiana. Dan lebih hebat lagi saat tulisan kita benar-benar orisinil, bagus banget, bermanfaat, pokoknya TOP BGT deh langsung dijadiin Headline sama admin.

Tulisan banyak dibaca orang itu menyenangkan. Seenggaknya merasa bermanfaat bagi orang banyak. Dan kalau kita sering nulis (tulisan bagus) serasa jadi artis di Kompasiana.

Tapi jangan salah waktu ngepost-in ya. Jangan sampai tulisan kamu bagus malah ngga di-highlight. Ini nih tips-tipsnya:
1. Jangan posting tulisan yang copy-paste, plagiat, dan ketentuan-ketentuan lainnya. Makanya harus baca dengan baik persyaratannya. Nanti malah dihapus sama admin.
2. Posting dibawah 70 kata juga ngga boleh. Kecuali untuk fiksi.
3. Kalau tulisan sudah di post di blog pribadi (wordpres, blogspot, dll) sebagus apapun ngga akan pernah di highlight apalagi dijadiin headline.
4. Sekali lagi, baca peraturan dengan benar ya.

Meskipun sedikit melirik si Kompasiana, aku ngga bermaksud sedikitpun untuk menutup si WordPress ini. Menurut aku, ada beberapa postingan yang hanya untuk koleksi pribadi. Ya seengga nya ngga perlu untuk dipamer-pamerin orang banyak. Jadi biarkan saja di wordpres tetap jalan. Dan mungkin saya juga akan meng-copy tulisan dari Komapsiana ke WordPress ini.

Ayo… buat akun di Kompasiana. Banyak loh Kompasianer yang sudah buat buku (biasanya kumpulan artikel) karena tulisannya di Kompasiana.

2 pemikiran pada “Beralih ke (Blog) Kompasiana?

    • Kalau sekarang, mengcopy tulisan dari blog pribadi sudah bisa di hilite jika tulisan tersebut memang layak di hilite. Termasuk juga di jadikan Headline jika tulisan tersebut layak untuk dijadikan HL. Yang penting karya adalah asli dari penulis bukan plagiat, copy-paste, dan tidak melanggar tata tertib kompasiana. Terima kasih. Selamat berkompasiana…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s