9 Barang yang Wajib Dibawa Saat Melahirkan

_MG_0374.JPG

Bingung apa saja yang harus dibawa di dalam tas melahirkan?

Tak jarang para calon ibu bingung apa saja yang harus dipersiapkan dan dimasukan ke dalam tas melahirkan yang nantinya akan dibawa ke klinik bersalin/rumah sakit saat waktu melahirkan tiba. Apalagi bagi ibu baru, karena perlu membeli barang-barang baru untuk menyambut kelahiran anggota baru di keluarga kecilnya. Takutnya barang yang sudah dibeli jadi mubazir, tidak terpakai. Saya salah satunya yang merasakan kebingungan itu.

Akhirnya saya googling barang apa saya yang perlu dipersiapkan dan didapatkan daftar barang-barang apa saja yang perlu dipersiapkan. Ternyata, hasil googling tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi, beberapa barang yang telah saya beli beberapa menjadi tidak terpakai (karena tidak sesuai dengan kebutuhan) dan yang lainnya mungkin baru bisa dipakai ketika usia bayi sudah agak besar. Selain itu, ada tambahan barang  yang tidak terdaftar sebelum saya melahirkan dan ternyata dibutuhkan ketika bayi sudah lahir. Berikut adalah daftar perlengkapan bayi dan ibu yang diperlukan.

Perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan:

  1. Pakaian bayi: untuk calon ibu baru, membeli pakaian bayi menjadi sangat penting karena belum memiliki lungsuran dari anak sebelumnya. Beruntung jika mendapatkan lungsuran baju bayi dari sanak saudara, sehingga tidak perlu repot-repot membeli pakaian bayi. Pakaian bayi yang akan dibeli jangan terlalu banyak, karena biasanya banyak kerabat yang memberikan kado berupa baju bayi. Selain itu, pertumbuhan bayi begitu cepat, sehingga baju yang kita beli nanti, beberapa bulan ke depan sudah tidak cukup lagi untuk dikenakan bayi. Jangan lupa saat membeli baju perhatikan ukuran baju untuk bayi dan jenis pakaian apakah untuk bayi perempuan atau laki-laki. Pastikan pakaian tersebut memiliki ukuran untuk bayi umur 0-3 bulan. Pengalaman saya hanya membeli 7 pasang pakaian bayi yang terdiri dari baju, celana, kain bedong, dan popok kain. Saya sarankan tidak membeli lebih dari 10 pasang. Selain itu saya juga membeli beberapa potong topi bayi, kaus kaki dan tangan, dan sepatu kecil rajut. Saya ju ga membeli 2 potong baju untuk pergi/jalan-jalan/acara resmi.
  2. Popok bayi baru lahir (new born): untuk bayi baru lahir, memang disarankan untuk menggunakan popok kain agar kuantitas buang air kecil/besar bayi bisa terpantau. Tetapi, jika sedang keluar rumah, akan sangat merepotkan jika menggunakan popok kain. Saya membeli popok new born/new baby satu pak isi 28 popok dan ternyata jumlah tersebut masih kurang.
  3. Pembalut untuk nifas/maternity: pembalut ini sangat penting untuk ibu yang baru melahirkan karena akan mengalami nifas. Pembalut maternity memiliki panjang 40 cm, sehingga sesuai dengan kebutuhan nifas.
  4. Breast pad: pada awalnya saya pikir barang tidak begitu penting jadi hanya membeli 30 pads. Ternyata, ASI sering keluar begitu saja dan membasahi baju sehingga perlu disisipi breast pad ini di dalam bra.
  5. Perlengkapan mandi bayi: saya membeli satu paket perlengkapan mandi dan ternyata hanya terpakai sabun/sampo bayi dan minyak telon. Bayi tidak disarankan untuk dipakaikan kosmetik bayi telalu banyak karena ditakutkan akan termakan oleh bayi.
  6. Kain kasa dan kapas: pada saat itu saya tidak membeli kain kasa dan kapas. Ternyata dibutuhkan untuk membersihkan bayi. Penggunaan kapas basah untuk membersihkan kelamin dan anusnya. Pemakaian tisu basah tidak disarankan karena ada yang mengandung alkohol. Sedangkan kain kasa untuk bebat tali pusar dan untuk membersihkan oral/mulut bayi.
  7. Bra menyusui: bra ini diperlukan untuk ibu menyusui karena bagian depannya bisa dibuka tutup.
  8. Selimut bayi: barang ini diperlukan untuk melindungi bayi dari angin dan dingin ketika dibawa pulang dari rumah sakit
  9. Gendongan bayi: barang ini diperlukan saat membawa pulang bayi agar ibu tidak merasa berat dan aman

Ada beberapa barang yang dibeli namun tidak dipakai, salah satunya adalah botol susu bayi. Pada awalnya saya tidak mengetahui bahwa penggunaan botol susu bayi/dot tidak disarankan lagi untuk digunakan pada bayi walaupun untuk ASI perah. Sekarang, alat yang dapat digunakan untuk memberikan ASI perah adalah cup feeder, pipet, atau sendok.

Berikut adalah barang-barang yang dimasukan ke dalam tas melahirkan:

  1. Pakaian ibu. Sesuaikan dengan jumlah hari menginap dan usahakan pakaian memiliki kancing/sleting dibagian depan sehingga memudahkan ibu untuk menyusui.
  2. Pakaian dalam ibu
  3. Perlengkapan mandi
  4. Pakaian ganti untuk ayah
  5. Breast pad, pembalut, dan tissue
  6. Charger handphone
  7. Camera
  8. Sepasang pakaian bayi untuk pulang (baju, popok, kaus kaki dan tangan, dan bedong)
  9. Selimut dan gendongan untuk pulang

Setiap calon ibu dan bayi memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga mungkin apa yang saya bagikan tidak sesuai dengan kebutuhan calon ibu dan bayi lainnya. Semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “9 Barang yang Wajib Dibawa Saat Melahirkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s