#ceritahijau 10: Menampung air buangan AC

Sekarang ini, AC menjadi kebutuhan karena semakin panasnya suhu bumi ini. Meskipun butuh, penggunaan AC harus manage karena memiliki dampak terhadap pemanasan global, terutama untuk skala rumahan.

Jika menggunakan AC pasti ada air buangannya, yang menetes di mesin yang disimpan di luar ruangan. Sering kali air buangan AC ini terbuang begitu saja karena jumlahnya yang sedikit sehingga dianggap tidak diperlukan. Padahal, dalam pengalaman pribadi, pemakaian AC kamar selama 2 jam, dapat mengumpulkan sekitar 1 Liter air buangan. Untuk apa air itu? bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Selain itu, bisa juga digunakan untuk air yang digunakan selain yang berhubungan dengan “makanan”seperti mengepel lantai, membersihkan kaca, dll.

Dengan cara ini, meskipun kecil, berpengaruh terhadap kebiasaan kita dalam menghemat air. Kita termasuk beruntung dan seharusnya bersyukur masih diberi kesempatan mendapatkan akses air bersih yang melimpah. Bagaimana dengan 10-20 tahun mendatang? sudah banyak contoh kasus air tercemar, bahkan konon katanya Jakarta sendiri harus impor air dari kota disekitarnya untuk mendapatkan air bersih.

Yuk, bijak menggunakan air!

Menampung air buangan AC dengan menggunakan plastik bekas, kemudian airnya digunakan untuk menyiram tanaman.

Tinggalkan komentar